Kumpulan Ucapan dan Doa Anniversary Pernikahan Islami | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Ucapan selamat ulang tahun islami ini saat ini banyak digunakan oleh masyarakat guna memberikan ucapan selamat. Namun sudahkah kita mengetahui apa saja hukumnya mengucapkan hal tersebut dan bagaimana hukum merayakan ulang tahun dalam islam? Berikut ini penjelasannya.

  1. Apa itu ulang tahun

Ulang tahun adalah salah satu momen bertambahnya usia seseorang. Momen ini hanya terjadi satu tahun sekali di tanggal kita dilahirkan ke dunia.

  1. Makna ulang tahun yang sesungguhnya

Makna ulang tahun yang sesungguhnya merupakan suatu momen yang mana kita memiliki pertambahan usia. Disitu pula terkadang kita mendapatkan momen-momen kebahagiaan yang hanya terjadi satu tahun sekali.

Biasanya banyak sekali orang-orang yang menantikan momen ini untuk dirayakan, ada sebagian dari mereka yang merayakannya dengan berbelanja, ada pula yang menggelar pengajian di rumahnya. Semuanya akan kembali sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan masing-masing orang.

  1. Ulang tahun dalam islam

Banyak sekali dari kita yang senantiasa merayakan adanya pertambahan usia ini. Kita bisa merayakannya dengan berbagai hal, seperti melakukan tasyakuran, atau memotong tumpeng.

Selain itu ada dari kita yang melakukan tiup lilin di hari ulang tahun itu. Namun pernahkah kita mengetahui apa sebenarnya hukum merayakan ulang tahun dalam islam?

Di dalam berbagai hadist dan juga Al Quran tidak tertulis bahwasanya wajib merayakan ulang tahun. Selain itu juga tidak terdapat pula hadist dan tulisan di dalam Al Quran yang menyatakan larangan untuk melaksanakan kegiatan ulang tahun tersebut.

Terdapat beberapa ulama yang menyatakan boleh merayakan ulang tahun dalam islam selama tidak ada hadist yang melarangnya, serta merayakan ulang tahun ini sah-sah saja asalkan bukan kegiatan yang berfoya-foya serta menghambur-hamburkan uang. Kita bisa menggunakan momen ulang tahun ini untuk saling mendoakan kebaikan agar senantiasa diberikan keberkahan selalu dalam umur baru ini.

  1. Ucapan ulang tahun islami

Ucapan islami ini beragam mulai dari Barakallah fii umrik dan juga happy milad, kedua ucapan itulah yang sering kita jumpai saat ada yang berulang tahun. Selain itu di dalam ucapan tersebut juga terdapat selipan doa, yang mana artinya kita tidak hanya mengucapkan saja tetapi kita juga sekaligus mendoakan kebaikan.

  1. Bentuk rasa syukur

Bentuk rasa syukur pada saat ulang tahun ini bisa dilakukan dengan berbagai hal. Seperti memberikan bantuan kepada anak yatim piatu, atau juga bisa dengan menggelar pengajian dirumah.

Dengan demikian semakin banyak sekali orang-orang yang mendoakan kita di moment tersebut. Karena dengan demikian maka doa akan makin cepat diijabah oleh Allah SWT.

  1. Berkurangnya umur

Momen ulang tahun, bertambah atau justru berkurangnya umur? Menurut beberapa pendapat ulang tahun merupakan momen berkurangnya umur kita. Karena kita semakin tua dan kontrak kita di dunia akan semakin singkat.

Karena saat ini kematian tidak mengenal usia. Kematian bisa menghampiri kita kapanpun dan juga dimanapun. Maka dari itu selain momen untuk mengucap rasa syukur, ulang tahun juga sebagai momen bagi kita untuk melakukan introspeksi diri selama beberapa tahun kebelakang dan juga apa yang harus diperbaiki kedepan.

  1. Tasyakuran

Saat ini sudah terdapat banyak sekali ucapan ulang tahun islami yang bisa kita gunakan untuk mengucapkan selamat pada yang berulang tahun. Terlebih lagi jika kita diminta hadir dalam syukuran tersebut.

Biasanya bagi mereka yang berulang tahun, mereka akan melakukan syukuran, seperti pengajian atau pemotongan tumpeng. Hal ini merupakan simbol rasa syukur masih diberi kesehatan dan juga masih diberikan kesempatan untuk selalu berkumpul dengan orang-orang yang dicintainya hingga saat ini.

Nah itulah tadi ucapan ulang tahun islami dan juga bagaimana hukum merayakan ulang tahun dalam islam. Semoga ilmu yang kita dapatkan ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa disebarluaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *