5 Tempat Makan Mie Ayam Underrated di Bandung, Sedap Tak Tertahankan!

            Kuliner berbahan dasar mie di Indonesia memang sangat beragam, mulai dari kuliner mie dengan citarasa oriental dari negeri asalnya Tiongkok maupun olahan mie yang dipadukan dengan citarasa lokal.

            Salah satu makanan olahan mie yang memiliki citarasa lokal adalah mie ayam wonogiri. Ya, mie ayam wonogiri ini memiliki citarasa lokal yang unik karena bumbunya menggunakan rempah-rempah asli Indonesia.

            Biasanya citarasa dari mie ayam wonogiri ini didominasi dengan rasa manis dan gurih karena bumbu dasar dari mie ayam ini menggunakan kecap, bawang putih merica, ditambah dengan ketumbar dan juga kunyit yang membuat rasa mie ayam wonogiri ini semakin kaya karena adanya penggunaan rempah-rempah.

            Untuk bisa merasakan kelezatan citarasa dari mie ayam wonogiri ini kamu bisa membelinya di pedagang mie ayam keliling atau bisa juga di kedai-kedai yang menjual bakso. Tetapi jika kamu ingin mencoba membuat mie ayam ini sendiri, kamu bisa mengikuti resep dan cara membuat mie ayam wonogiri yang enak.

            Untuk membuat mie ayam wownogiri ini kamu harus mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

Bahan yang dibutuhkan :Bumbu yang dihaluskan :
1 bungkus mie telur basah3 siung bawang putih
1 sdm kecap asin2 buah kemiri
2 sdm minyak sayur1 cm kunyit
250 gram daging ayam cincang¼ sdt ketumbar
2 sdm kecap manis1 sdt garam
1 sdm kaldu ayam½ sdt merica bulat
100 ml air 

            Selain mempersiapkan bahan-bahan utama diatas, kamu juga bisa mempersiapkan bahan-bahan pelengkap untuk jadi teman makan mie ayam ini, seperti :

  • 1 ikat sawi hijau yang dipotong kecil
  • Bakso sapi
  • Sambal
  • Bawang goreng
  • Daun bawang
  • Kerupuk pangsit

Bahan-bahan tambahan diatas sebenarnya opsional bisa ditambahkan tetapi jika tidak juga tidak apa-apa. Barulah setelah mempersiapkan semua bahan tersebut kita masuk ke step pembuatan mie ayam wonogiri nya.

  1. Siapkan racikan topping ayam dengan menumis semua bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Kemudian masukan daging ayam yang telah dipotong kotak-kotak kedalam tumisan bumbu sebelumnya dan masak sampai berubah warna.
  3. Jika daging ayam sudah dirasa matang masuka kecap, kaldu ayam dan juga air lalu masak sampai ayam empuk dan kuahnya menyusut.
  4. Masak air sampai mendidih didalam panci kemudian masukan mie telur kedalam panci dan dicelup-celup sebentar lalu angkat dan tiriskan. Tidak perlu terlalu lama agar tekstur mie tidak terlalu benyek.
  5. Tuangkan minyak, kecap, dan juga merica kedalam mangkuk lalu aduk rata.
  6. Masukan mie yang sudah ditiriskan kedalam mangkuk dan aduk sampai semua tercampur rata.
  7. Setelah itu simpan mie kedalam mangkuk saji, beri tambahan sawi, tumisan ayam yang sudah dibuat, bakso, pangsit goreng, bawang daun, dan juga bawang goreng sesuai dengan selera anda.
  8. Selesai ! mie ayam wonogiri pun sudah siap untuk disantap.

Tips untuk membuat mie ayam wonogiri ini sebaiknya memilih jenis mie telur yang bertekstur lembut dan juga lurus, karena jika jenis mie nya diganti maka akan mengurangi nilai kenikmatan dari semangkuk mie ayam.

Jika kamu suka juga kamu bisa menambah pemberian kuah kaldu ayam di mangkuk yang berbeda agar memberikan sensasi segar setelah selesai menyantap mie ayam wonogiri yang bumbunya sangat terasa rempah-rempah karena kuah kaldu ayam memiliki rasa yang ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.