Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan BJ Habibie, beliau merupakan presiden ketiga Indonesia yang dikenal dengan sosok yang cerdas serta romantic terhadap istrinya, Ainun. Kecerdasan BJ Habibie merupakan rahasia umum yang diketahui oleh semua orang, bagaimana perannya terhadap perkembangan teknologi pesawat terbang di Indonesia. Sosok romatis BJ Habibie kerap kali terlihat oleh awak media dan juga tergambar dari buku-buku yang ditulis olehnya untuk sang istri, Hasri Ainun Habibie. Berikut adalah rangkuman quotes cinta BJ Habibie kepada Ainun dalam buku yang ditulisnya.

  • “Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuat berarti lebih dari siapapun”

Memiliki pasangan yang sempurna baik secara fisik maupun karir terkadang tidak menjamin kehidupan yang bahagia. Hal tersebut berarti kebahagiaan suatu hubungan tidak selalu diukur dari sesuatu yang materil, seperti yang dikatakan BJ Habibie.

  • “Seorang pria tidak akan pernah menjadi seorang pria yang besar tanpa adanya perempuan hebat di sisinya yang selalu memberi dukungan dan harapan dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil”

Bagi BJ Habibie tidak mungkin dirinya akan menjadi laki-laki yang hebat apabila tidak didampingi seorang perempuan yang hebat seperti Ainun. Walaupun banyak orang yang menginginkan sosok lelaki seperti BJ Habibie, namun untuk menjadi pasangan harus berbanding lurus dengan kualitas diri sehebat Ainun, begitu pula sebaliknya. Dengan begitu semakin baik kualitas diri semakin baik pula pasangannya karena biasanya pasangan merupakan cerminan diri.

  • “Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya dan tanpa kecerdasan cinta itu tidak cukup”

Banyak orang yang beranggapan kecerdasan dan cinta tidak saling membutuhkan. Padahal kenyataannya kita semua perlu mempertimbangkan perkataan BJ Habibie bahwa kecerdasan itu berbahaya apabila tidak disertai dengan perasaan cinta, begitu pula sebaliknya. Memiliki kecerdasan yang diiringi dengan cinta tidak akan membuat kita berhenti berkembang.

  • “Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu dirubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai”

Kata-kata tersebut terkadang benar, karena apabila kita mencintai seseorang dengan kelemahannya kita jadi berkeinginan untuk memperbaikinya. Berbeda ketika kita mencintai seseorang hanya karena kelebihannya, kita hanya akan menuntutnya untuk tetap sempurna tanpa cela. Bagi BJ Habibie cinta sejati merupakan cinta yang tidak hanya memandang kelebihan-kelebihan saja melainkan juga memandang kelemahan-kelemahan pasangannya untuk tetap selalu mencintainya.

  • “Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, namun masa depan adalah milik kita bersama”

Ada baiknya dalam suatu hubungan lebih memprioritaskan untuk berbica mengenai masa depan, dibandingkan terus mengulik masa lalu. Dari quotes berikut, dapat diketahui bahwa BJ Habibie sangat menghargai privasi pasangannya. Karena sedekat apapun seseorang tetap ada bagian dari hidupnya yang tidak ingin diceritakan pada siapapun dan hanya menjadi miliknya sendiri.

  • “Kalau kita saling percaya maka perjanjian dua hal saja cukup. Sebaliknya, kalau kita berdua tidak saling percaya perjanjian tertulis setebal buku pun tidak akan menolong”

Saling percaya merupakan kunci utama supaya hubungan langgeng. Hal tersebut dijalankan oleh BJ Habibie dan Ainun, karena baginya apabila sudah tidak saling percaya perjanjian setebal buku tidak akan menjamin suatu hubungan akan tertolong. BJ Habibie dan Ainun selalu saling percaya karena selalu berkomunikasi dengan baik, walaupun itu hal-hal kecil membuat mereka menjadi pasangan yang saling menyayangi hingga maut memisahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *