Metode pembayaran paylater yang populer, kini sudah makin melebar cakupan merchantnya untuk memanjakan pengguna. Salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan e-commerce besar seperti Bukalapak. Kredivo adalah salah aplikasi pionir paylater di Indonesia yang sudah bermitra dengan Bukalapak dan 1000+ merchant lainnya. 

Baik pengguna Bukalapak maupun pengguna Kredivo, memiliki satu tambahan opsi pembayaran saat berbelanja, yaitu bayar nanti dengan opsi cicilan yang disediakan Kredivo. 

Kemudahan syarat dan ketentuan yang ada pada paylater, adalah daya tarik utama mengapa paylater begitu diminati dibanding layanan kredit konvensional. Namun, meski demikian, karena paylater berbasis online, banyak juga kendala yang muncul dan sering dialami pengguna ketika ingin menggunakan paylater di Bukalapak. 

Salah satunya adalah Bukalapak paylater tidak bisa digunakan. Alasannya pun beragam mulai dari error jaringan, transaksi tidak disetujui, dan masih banyak lagi. Kira-kira, kenapa & bagaimana ya solusinya?

Jika kamu termasuk salah satu yang mengalaminya, nggak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini sebagai solusinya ketika Bukalapak paylater tidak bisa digunakan. 

Cek versi aplikasi Bukalapak yang kamu gunakan & perbarui

Kebanyakan transaksi paylater yang tidak bisa dilakukan adalah karena versi aplikasi yang digunakan sudah expired. Sebagai e-commerce yang memiliki platform aplikasi, Bukalapak secara rutin melakukan update atau pembaruan pada aplikasinya. 

Mulai dari pembersihan bug sampai penambahan fitur baru. Nah, untuk bisa menikmati update tersebut, pengguna biasanya harus melakukan update aplikasi ke versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store. 

Kalau smartphonemu tidak memadai untuk mengupdate aplikasi ke versi terbaru, coba gunakan layanan Bukalapak melalui website. Lakukan ulang transaksi untuk melihat hasilnya apakah berhasil atau tidak. 

Belum punya akun paylater? Daftar sekarang

Hal lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah kamu wajib memiliki atau mengaktifkan akun paylater terlebih dahulu sebelum bertransaksi di Bukalapak. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar. Pertama, lewat opsi yang disediakan di akun Bukalapak-mu untuk mengaktifkan paylater. Yang kedua, daftar langsung melalui aplikasi Kredivo. 

Download aplikasi Kredivo secara gratis lewat Google Play Store atau App Store. Pilih daftar sebagai akun Premium. Tapi sebelumnya, kamu harus sudah memenuhi 3 syarat Kredivo ini ya. 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18-60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Bagi akun Premium, Kredivo dapat memberikan limit maksimal sampai Rp 30 juta. Dengan menjadi user Premium, kamu dapat menikmati 3 opsi kredit utama dari Kredivo di Bukalapak, yaitu: bayar dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan 0% untuk tenor 3 bulan, cicilan dengan bunga 2,6% per bulan namun tenornya lebih panjang, 6-12 bulan. 

Ada transaksi menunggak? Selesaikan segera

Kadang-kadang, saking banyaknya transaksi yang dilakukan dengan paylater, bisa saja kita kelupaan membayar suatu tagihan. Akibatnya, transaksi menjadi menunggak dan akun paylater ditangguhkan meski limitnya masih tersedia. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengecek histori transaksimu apakah ada transaksi yang terlewat tanggal jatuh temponya? Jika ada, segera selesaikan pembayaran supaya akunmu bisa kembali normal. 

Internet kurang stabil?

Masalah ini biasanya tidak terduga atau tidak terpikirkan oleh pengguna ketika transaksi paylaternya gagal. Padahal, ketika sedang memverifikasi transaksi, baik itu login ke akun paylater atau memasukkan OTP, internet yang stabil sangat diperlukan. Jika internet lemah, koneksi transaksi dengan pembayaran bisa jadi terputus di tengah sehingga mengakibatkan transaksi gagal dilakukan. Periksa juga kondisi internetmu apakah sudah cukup memadai? Jika sudah, coba lakukan transaksi ulang namun pastikan transaksimu sebelumnya gagal ya supaya tidak terjadi double transaksi. 

Periksa metode pembayaran yang disediakan seller

Kemungkinan terakhir yang bisa jadi penyebab gagalnya transaksi adalah seller yang kamu pilih di Bukalapak tidak membuka opsi pembayaran dengan paylater. Dalam kondisi ini, opsi paylater bisa jadi juga tidak tersedia ketika kamu masuk ke halaman pembayaran. Solusinya, pilihlah seller lain yang menyediakan opsi paylater di Bukalapak yang menjual barang sejenis yang kamu inginkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.