Timun atau mentimun merupakan tanaman musiman yang memiliki banyak jenis dan rasa yang nikmat. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Karenanya, buah ini menjadi buah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Berikut jenis mentimun yang populer di Indonesia.

  1. Mentimun Lokal

Mentimun Lokal sudah menjadi jenis mentimun yang paling sering ditemui dan disantap oleh masyarakat. Mentimun ini memiliki warna hijau keputih-putihan saat muda dan akan berwarna coklat bila sudah tua. Jenis mentimun biasa sering ditanam di Indonesia dan umumnya memiliki kulit buah yang tipis dan lunak. 

Mentimun jenis ini biasanya dijadikan sebagai acar, Gado-Gado dan asinan, karena buahnya yang segar. Timun lokal dapat dijadikan sebagai pembersih gigi dan gusi, penyehat jantung dan bahan masker alami untuk melembabkan kulit.

  1. Mentimun Bonteng Suri

Mentimun Bonteng Suri sering juga disebut Mentimun Suri dan dikenal memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis mentimun lainnya. Mentimun yang hanya muncul di daerah Jakarta pada setiap bulan Ramadhan ini berbentuk lonjong dan ukurannya bisa 10 kali lebih besar dari mentimun biasa. 

Saat dikonsumsi, mentimun ini memiliki rasa yang cenderung mudah hancur. Karena teksturnya, buah ini termasuk sebagai sayuran yang sering dibuat sebagai es untuk berbuka puasa. Selain memiliki rasa yang nikmat, Mentimun Suri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini dapat mencegah dehidrasi serta mengatur berlangsungnya kerja jaringan otot dan berbagai proses normal dalam tubuh.                                                                                                                                                                                            

  1. Mentimun Krai

Mentimun Krai merupakan mentimun yang berasal dari Banyuwangi, dan sering muncul di bulan ramadhan. Buah ini berwarna hijau pekat, berbentuk lonjong dengan tekstur yang kasar dan berdaging buah tebal yang berwarna kekuning-kuningan. Buah ini sering disantap sebagai lalap maupun acar dan memiliki garis-garis putih sebagai ciri khasnya.

Mentimun yang disebut sebagai timun jepang ini sering dijadikan juga sebagai sayur di menu sayur asem. Mentimun Krai dapat melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan, serta dapat mempercantik kulit. Karenanya, tidak sedikit masyarakat yang suka mengkonsumsi buah ini.

  1. Mentimun Wuku

Mentimun Wuku atau Mentimun Jawa, merupakan jenis mentimun dengan buah yang berukuran pendek dan besar. Buah ini sering dijadikan sebagai rujak maupun lalap.Berbeda dengan jenis mentimun lainnya, mentimun wuku memiliki kulit yang agak tebal. 

Saat masih muda, buah ini berwarna kuning kecoklatan, dan ketika sudah tua warnanya akan berganti menjadi coklat. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat mengatasi bengkak di sekitar mata, serta menjaga kesehatan ginjal.

  1. Mentimun Watang

Kulit dari buah Mentimun Watang memiliki tekstur yang lebih tebal dan cenderung keras. Ketika masih muda, buah ini akan berwarna hijau keputih-putihan seperti timun pada umumnya. Namun ketika sudah tua, buah ini akan berganti warna menjadi kuning tua. Mentimun ini memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan dan tekanan darah serta meredakan sakit kepaa, dan nyeri sendi.

Berbagai timun yang kaya manfaat ini sangat baik dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mendapatkan mentimun ataupun jenis buah dan sayur lainnya dengan kualitas tinggi dan tampilan yang fresh, silahkan hubungi TaniHub. TaniHub siap menjadi supplier makanan segar terbaik untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *