Resep Membuat Cilok Bumbu Kacang Pedas yang Menggugah Selera, Gurih!

Cilok makanan yang sudah tersebar hampir seluruh Indonesia ini memang bikin nagijh karena kekenyalan dan rasa bumbu yang enak. Cilok ini sendiri sudah divariasikan banyak sekali dengan berbagai rasa karena bumbunya berbeda. Untuk cilok sendiri mungkin sama tapi bumbunya yang bervariasi. Cilok yang memiliki kepanjangan dari aci dicolok ini memang dahulu makan dengan dicolok tusuk sate. Kini cilok sudah tidak hanya dicolok namun lebih identic dengan dimakan bersama bumbu atau kuah gurih. Nah berikut cara membuat cilok.

Bahan-Bahan Cilok:

  • Tepung Aci Atau Sagu 500 gram
  • Tepung Terigu 50 gram
  • Garam Secukupnya
  • Kaldu Sapi Bubuk
  • Kikil Atau gajih
  • Daun Bawang
  • Air Panas

Cara Membuat Cilok:

  • Hal yang anda lakukan pertama kali adalah dengan merebus gajih atau kikilnya dna kemudian di cincang kecil-kecil.
  • Tahapan kedua adalah dengan memasukkan tepung sagu dan tepung terigu ke dalam satu wadah. Tambahkan garam dan kalsu sapi bubuk secukupnya. Setelah itu masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Setelah itu potong daun bawangnya dan masukkan ke dalamnya. Uleni lagi hingga halus. Setelah itu pipihkan adonan ciloknya dengan diambil sedikit dan masukkan kikil secukupnya dan bentuk bulat.
  • Setelah dibentuk semuanya dan diisi. Rebus ciloknya atau anda bisa kukus ciloknya.

Cilok di atas bisa anda variasikan denga nisi yang berbeda-beda. Tidak harus diisi oleh kikil atau gajih. Anda bisa juga mengisinya dengan isian daging cincang tumis. Anda tinggal siapkan daging cincang, merica dan garam. Setelah itu ditumis hingga matang dan isikan [ada adonan ciloknya. Selain itu anda bisa mengisi dengan keju juga. Tinggal siapkan keju cheddar dan potong kecil-kecil. Masukkan pada adonan ciloknya. Nah setelah itu anda makan dengan berbagai bumbu cilok, berikut resep bumbu ciloknya!

1. Bumbu Kacang Cilok

Bumbu kacang cilok ini banyak digunakan karena berpadu enak dengan cilok. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu kacang cilok ini adalah kacang tanah 300 gram, cabe merah 5 buah, bawang merah 3 siung, bawang putih 3 siung dan garam. Siapkan juga santan kelapa kemasan 30 ml.

Cara membuat bumbu kacang cilok ini adalah dengan memblender bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Tumis dan tambahkan garam, masukkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan dengan blender. Setelah itu masukkan santannya dan tambahkan air. Aduk hingga mengental. Masukkanc ciloknya dan sajikan.

2. Kuah Peds Gurih Cilok

Selain dengan bumbu kacang, cilok ini enak sekali dimakan dengan kuah gurih yang pedas. Bahan-bahan yang diperlukan adalah cabe pedas 7 buah, bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung, kaldu jamur bubuk, garam, dan daun bawang,

Ulek dahulu cabe pedas, bawang putih dan bawang merahnya. Selanjutnya panaskan minyak sedikit dan tumis hingga wangi. Selanjutnya tambahkan air yang banyak dan masukkan daun bawangnya. Terakhir masukkan ciloknya dan sajikan dengan kecap atau saus.

  • Bumbu Kecap Pedas

Bumbu yang satu ini mudah sekali bahannya. Anda siapkan saus sambal, bubuk cabe, kecap manis dan garlic powder. Setelah itu  anda siapkan wadah dan masukkan semua bumbunya termaasuk bubuk cabe, garlic powder, saus dan kecap manisnya. Aduk hingga rata dan jadikan cocolan cilok tusuk rebus atau cilok tusuk goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *