10 Rekomendasi Brand Essential Oils, Terjangkau dan Alami!
source gambar : idntimes.com

Manfaat minyak esensial sudah mulai banyak diketahui oleh masyarakat luas. Minyak esensial sering digunakan sebagai alternatif pengobatan alami. Tetapi apakah minyak esensial itu baik untuk kulit? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan berikut ini. Menurut Dr. Josh Axe, DC, DNM, CNS, seorang dokter chiropractic dan juga ahli gizi klinis di Amerika Serikat, menyatakan bahwa minyak esensial banyak memberi manfaat untuk kulit, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat mengurangi iritasi pada kulit
  • Dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti bercak kecoklatan
  • Membantu mengatasi jerawat
  • Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari

Hal tersebut juga diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan dalam Element-Based Complementary dan Alternative Medicine. Penelitian ini menyatakan setidaknya terdapat 90 minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Penelitian membuktikan bahwa minyak esensial mampu melawan patogen yang menyebabkan infeksi kulit. Selain itu, minyak esensial juga bisa membantu memperbaiki kondisi kulit yang meradang seperti dermatitis, eksim dan lupus. Dalam penelitian lainnya juga membuktikan bahwa minyak esensial dapat membantu menyembuhkan luka dan memperbaiki tampilan kulit.

Beberapa Minyak Esensial yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Di bawah ini adalah beberapa minyak esensial yang mampu membantu mengatasi masalah kulit, diantaranya adalah :

  1. Minyak Lavender

Minyak lavender dapat membantu mengurangi munculnya keriput atau garis-garis halus di wajah. Di samping itu, lavender juga memiliki aroma yang menenangkan sehingga bisa digunakan sekaligus sebagai aromaterapi. Kandungan antioksidan dalam minyak ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

  1. Minyak Lemon

Minyak esensial yang satu ini adalah terbuat dari ekstrak kulit lemon yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Karenanya minyak lemon dapat membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran dan sel kulit mati serta mencerahkan warna kulit.

  1. Minyak Biji Rosehip

Minyak biji rosehip mengandung asam retinoat yang dapat membantu mengurangi tanda penuaan di kulit. Dengan menggunakan minyak ini di wajah, dapat membantu menyamarkan noda, keriput, bekas luka dan bintik-bintik penuaan. Selain itu, minyak biji rosehip juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tetap kenyal dan lembut.

  1. Minyak Geranium

Minyak esensial geranium berguna untuk menyamarkan noda di kulit, terutama bintik gelap akibat paparan sinar matahari. Minyak Geranium membantu meregenerasi jaringan kulit, bersifat anti radang dan mencerahkan kulit secara alami. Tetapi, perlu diingat jangan langsung mengoleskan minyak esensial di kulit tanpa diencerkan dulu dengan minyak pembawa minyak alias carrier. Minyak pembawa yang dapat digunakan adalah minyak zaitun atau minyak kelapa. Sebaiknya Anda sebaiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu.

Jika kulit Anda sensitif, sebaiknya tanyakan dahulu ke dokter sebelum menggunakan minyak esensial apapun untuk kulit.

Amankah Penggunaan Minyak Esensial untuk Ibu Hamil?

Minyak esensial yang terserap ke dalam tubuh bekerja seperti obat-obatan. Dikarenakan mengandung molekul yang sangat kecil, minyak ini mungkin akan masuk melewati plasenta dan mencapai sirkulasi janin dalam kandungan. Secara umum minyak ini aman digunakan oleh semua kalangan termasuk bayi dan ibu hamil. Namun sebaiknya untuk bayi dan ibu hamil tetap hati-hati dalam penggunaannya.

Belum terdapat dampak spesifik pada penggunaan minyak esensial terhadap bayi dalam kandungan, karena tes uji hanya baru dilakukan pada hewan dengan hasil yang bervariasi. Banyak ibu hamil yang mengakui bahwa aromaterapi dapat meredakan rasa tidak nyaman selama kehamilan seperti sakit punggung, mual atau bengkak pada pergelangan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.