Waspada, Motor Dengan Sistem Rem ABS Dilarang Nempel Slip-Streaming!
Sensor ABS membaca lubang pada piringan.
.

Waspada, Motor Dengan Sistem Rem ABS Dilarang Nempel Slip-Streaming!

motorinanews (Jakarta) – Kecanggihan sistem rem ABS alias Anti-lock Braking System perlu perlakuan khusus. Pasalnya, sistem rem anti-mengunci membuat pengereman tidak sepakem rem konvensional. Jadi, gaya nempel abis kendaraan di depan, seperti slip-streaming alias curi angin agak riskan.

Rem ABS adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci jika dilakukan pengereman mendadak. Di motor yang diproduksi di Indonesia, sistem ini ada di All New Honda CBR250RR, Yamaha NMax dan KTM RC250. Fitur ini sangat berguna, misalnya, di jalanan berkerikil, basah, berbatu, tidak rata, atau di permukaan tanah berumput. Karena, ban akan tetap berputar dengan pengaturan oleh sistem.

Sistem kerja ABS tak langsung mengunci, meski handle ditekan habis. Caranya mirip seperti teknik rem `mengocok` pada sistem rem biasa. Bedanya, `pengocokan` diatur secara komputerisasi.

Bicara mekanisme ABS, ada pada Electronic Control Unit (ECU), speed sensor dan hydraulic valve pada brake circuit. Bisa diartikan begini, ketika sensor ABS mendeteksi ada roda yang mengunci, secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke modulator yang kemudian berfungsi untuk memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan fluida atau minyak rem dari kaliper dalam kondisi tertentu.

Sebaliknya, tekanan akan kembali naik, dan normal ketika penguncian berkurang. Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini berlangsung sangat cepat, sekitar 15-50 kali per detik, sehingga roda tidak akan terkunci dan terjadi sliding, saat terjadi pengereman mendadak.

Toh, dengan demikian, sistem ABS tidak selalu aman. Dan berpotensi terjadi tabrakan ketika dipakai untuk pengereman jarak dekat. Makanya, jika menggunakan rem ABS sebaiknya selalu jaga jarak kendaraan. Memang, sistem pengereman ini bikin hati tenang dan lebih aman ketika berkendara. Namun tetap ada faktor skill berkendara yang baik dan sedikit sentuhan faktor keberuntungan agar tidak terjadi kecelakaan.

Teknologi kendaraan memang makin maju. Tapi selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Agar selalu maksimal, bijaksanalah saat menggunakannya. (Zhein)

# TAGS : antilock braking system